Istilah pekerjaan mulia tak terbersit dalam benak dr Sisilia Yunita, yang akrab disapa Lia. Perempuan lajang ini hanya merasa tertantang untuk memilih menjalani PTT sebagai dokter umum di kawasan konservasi alam, Tambling, Lampung Barat.

Puskesmas di pedesaan kawasan Tambling ini sudah lama berdiri. Puskesmas ini merupakan puskesmas pembantu, cabang dari puskesmas pusat daerah Bengkunat, bahkan sebelum kawasan pedalaman hutan tropika ini menjadi area konservasi lingkungan. Namun jumlah tenaga medis masih terbatas, begitupun dengan fasilitas.

Kompas Female mendapat kesempatan bertemu langsung dengan tim medis dan penduduk setempat. Meski lebih banyak penduduk lelaki di desa tersebut, tak sedikit jumlah perempuan dan anak balita di salah satu desa, Pengekahan.

"Belum ada dokter spesialis di sini, khususnya untuk masalah reproduksi perempuan," papar dr Lia kepada saat kegiatan pelepasan Penyu oleh Puteri Indonesia 2009, bekerjasama dengan Artha Graha Peduli, Senin (29/3/2010) lalu.

Jumlah perawat juga masih minim. Puskesmas setempat hanya memiliki satu perawat laki-laki penduduk asli setempat, Agustinus. Untuk membantu kerjanya, dr Lia menjalankan kaderisasi kepada penduduk Pengekahan yang berminat menjadi tim medis. Yusnita Sari adalah salah satunya yang berminat. Meski hanya lulusan SD, kader perempuan ini dinilai dr Lia memiliki kemampuan yang bisa disejajarkan dengan perawat.

Tenaga medis masih sangat dibutuhkan di kawasan pedalaman seperti Tambling. Apalagi pelayanan kesehatan seperti KB menjadi kebutuhan utama, selain pencegahan maupun pengobatan penyakit paling umum diderita penduduk setempat, yakni malaria.

Tak mudah menjalani pilihan, meski adrenalin tertantang. Tak banyak juga perempuan kota yang bersedia ditempatkan jauh dari keluarga dan lengkapnya fasilitas kota. Kerjasama tim dan kebersamaan para perantau di Lampung Barat ini setidaknya menjadi bumbu lain yang menyenangkan hati, termasuk bagi dr Lia.

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini

Other Article



visit the following website islamic.net Make Smart Berita Bola