Kesadaran penduduk kota besar untuk mengonsumsi makanan sehat tampaknya semakin meningkat. Terbukti dari semakin banyaknya rumah makan yang menyajikan makanan sehat. Begitu juga katering yang khusus melayani pelanggan yang ingin mendapatkan menu dengan gizi seimbang, bahkan yang khusus menu vegetarian.

Salah satu usaha katering yang menyajikan menu-menu sehat ini adalah My Choice, yang dirintis oleh Merry Syanti Dewi sejak tahun 2003.

Katering yang dirintis sejak tahun 2003 itu menyajikan menu masakan yang diklaim menggunakan bahan-bahan yang sehat, dan menerapkan gizi seimbang. Bahan-bahan masakannya menggunakan bahan organik, sedangkan nasi putih digantikan dengan beras merah, ubi merah, dan roti gandum.

My Choice juga tidak menggunakan penyedap masakan seperti vetsin, bahkan tidak menggunakan garam. Kunci dari cita rasa masakannya adalah bumbu-bumbu yang didapatkan dari penggunaan buah-buahan. Contohnya, rasa asam diperoleh dari jeruk lemon, jus jeruk, atau apel, sedangkan rasa manis dari kayu manis. Sup tom yam, misalnya, bumbunya diracik dari buah apel, belimbing, jus jeruk, tomat, dan lemon.

Untuk beberapa makanan yang menggunakan santan, Merry menggantikan santan dengan susu kedelai. Kebanyakan menu yang disajikan dibuat dengan cara direbus atau dikukus, atau ditumis dengan sedikit minyak.

"Minyak yang kami gunakan adalah minyak canola dan olive oil. Dua jenis minyak ini tergolong non kolesterol, dan aman untuk memasak," ujarnya pada Kompas Female.

Menu yang ditawarkan katering My Choice kebanyakan menu ala barat seperti chicken fillet, tenderloin steak, salmon steak, meat loaf, chicken honey, atau chicken pasta. Untuk satu set menu (lengkap) Merry mematok harga Rp 60.000-Rp 130.000, sudah termasuk ongkos kirim. Satu set menu lengkap terdiri atas sup, salad, menu utama (daging/ikan/ayam), dan dessert (jus, susu kacang, buah atau jelly).

Segi kesehatan dan keamanan juga diperhitungkan oleh Merry dalam menyajikan masakannya. Ia tidak menggunakan kotak kardus atau styrofoam, melainkan wadah yang berkategori foodgrade (aman untuk masakan panas).

Anak ikut kontes kebugaran
Ide awal mendirikan My Choice berasal dari anak tertua Merry, Felix Cahyono, yang pada tahun 2003 berniat mengikuti kontes kebugaran yang diselenggarakan oleh tempat fitness-nya.

Merry, yang saat itu memang sudah memiliki usaha katering, lantas berinisiatif menyiapkan sendiri makanan sehat buat sulungnya itu. Ia hanya mengandalkan kemampuannya memasak untuk mencoba-coba berbagai menu makanan sehat. "Saya menggunakan panduan memasak sehat untuk diet olahragawan. Semua rata-rata menu dari buku masakan asing," jelasnya.

Bila selama ini makanan sehat identik dengan rebus-rebusan, hambar, dan tidak memiliki rasa, di tangan Merry makanan sehat memiliki cita rasa yang tak kalah dengan makanan pada umumnya. Bisa ditebak kemudian, teman-teman Felix ternyata menyukai masakan Merry. Dari sanalah pesanan makanan sehat bermula.

Usaha katering pun beralih mengkhususkan diri menyajikan menu sehat. Merry sadar, saat itu konsep makanan sehat belum populer di kalangan masyarakat. Untuk memperkenalkan kateringnya, Merry menyebarkan flyer ke berbagai pusat kebugaran, fakultas kedokteran di Universitas Atmajaya, apotek, sport club, hingga rumah-rumah biasa. Ia juga menawarkan kerjasama dengan beberapa majalah kesehatan seperti Prevention dan Muscle.

Agar informasi mengenai bisnisnya makin mudah dijangkau khalayak, "Kami membangun website khusus dan Facebook," ungkap Merry.

Tahun 2006 Merry berhasil menjalin kerjasama dengan Celebrity Fitness untuk memberikan demo masakan sehat. Untuk mendapatkan pelanggan, Merry menerapkan semacam sistem multilevel marketing. Para personal trainer diajak ikut menggaet pelanggan. Bila berhasil, mereka akan mendapatkan keuntungan sebesar 10 persen per bulan.

Orang yang belum mengenal katering My Choice tentu masih ragu untuk menerima tawaran ini. Untuk itu Merry memberikan beragam jenis diskon, misalnya diskon 15 persen untuk mereka yang ingin mencoba, diskon satu kali gratis pengiriman dalam satu bulan untuk pelanggan, dan jika pelanggan berhasil mendapatkan tiga pelanggan baru, mereka mendapat bonus gratis ongkos kirim.

Keuntungan Rp 30-40 juta per bulan
Mendirikan katering dengan segmentasi khusus seperti My Choice, menurut Merry membutuhkan modal yang ekstra. Modal awal sebesar Rp 100 juta digunakannya untuk membeli peralatan memasak khusus yang diimpor dari Amerika, bahan makanan, wadah saji, sarana transportasi, hingga iklan atau kegiatan demo.

Setelah bisnis berkembang, Merry juga masih menemui sejumlah kesulitan. Mulai dari pangsa pasar yang terbatas, pelanggan yang rata-rata cepat bosan, atau pelanggan yang mengeluhkan rasa masakan yang hambar atau rasa kurang pas.

Rata-rata pelanggan juga mengeluhkan harga masakan yang mahal. Tetapi Merry selalu berusaha menjelaskan bahwa harga yang mahal itu dikarenakan penggunaan bahan-bahan, pengemasan, hingga menu dan porsinya yang diperhitungkan dengan cermat.

"Akhirnya mereka sadar kalau harga itu sangat reasonable," ungkap perempuan yang juga membuka toko penganan di Mal Ambassador, Jakarta Selatan ini.

Karena keterbatasan lingkup pemasarannya itulah, rata-rata pelanggan Merry saat ini adalah personal trainer, anggota pusat kebugaran, dokter, hingga orang-orang yang memiliki problem kesehatan seperti diabetes, hipertensi, dan sakit jantung.

Hingga saat ini order yang datang mencapai 20-30 boks per hari. Jumlah ini di luar pesanan arisan, ulangtahun, atau pesanan dalam jumlah besar lainnya. Dalam sebulan, Merry bisa meraup keuntungan bersih Rp 30 - 40 juta.

Berangkat dari kebiasaan makan makanan sehat dalam keluarganya, kini Merry bisa menularkan kebiasaan tersebut pada masyarakat umum. Dan mendapatkan keuntungan darinya.

My Choice: Muara Karang C9 No. 10, Jakarta Utara. Telepon: 021-97315200

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini

Other Article



visit the following website islamic.net Make Smart Berita Bola