Hormon adalah kunci utama penggerak tubuh dan alam pikiran Anda. Hormon memainkan peran yang penting saat Anda hamil, saat Anda merasa bahagia, sedih, bahkan saat Anda mendengkur ketika tidur.

Hormon mengatur pergerakan sel-sel dalam tubuh kita, dan ia berfluktuasi seiring dengan pertambahan usia dan apa yang terjadi pada usia tersebut. Untuk beradaptasi dengan perubahan ini, Anda perlu tahu bagaimana kerja hormon tersebut.

Progesteron, yang diproduksi oleh ovarium dan kelenjar adrenal setelah ovulasi, berfungsi memelihara perkembangan sel sehat di dalam rahim. Estrogen diciptakan oleh ovarium, kelenjar adrenal, dan sel-sel lemak, dan mempersiapkan rahim untuk menerima telur tiap bulan. Testosteron dibuat oleh ovarium dan kelenjar adrenal, dan mengatur dorongan seksual. Sedangkan hormon thyroid mengontrol metabolisme.

Bagaimana semua hormon ini mempengaruhi Anda pada tahap yang berbeda dalam hidup Anda? Dapatkah Anda mengendalikan perubahan hormon ini?

Usia 20-30 tahun
Yang terjadi:
Ini adalah puncak fertilitas Anda. Pada usia ini, siklus menstruasi akan teratur. ''Level hormon mengalami perubahan drastis selama siklus menstruasi,'' ujar Prof Mary Jane Minkin, profesor klinis bidang kandungan dan kebidanan dari Yale University School of Medicine.

Desakan estradiol (salah satu bentuk esterogen) sekitar 10 hari setelah permulaan masa haid, tepat sekitar masa ovulasi, akan mendorong perasaan bahagia. Sedangkan dorongan progesteron pada paruh kedua siklus Anda dapat membuat Anda mudah tersinggung.

Tanda-tandanya:
* Libido atau nafsu (seks) berubah-ubah saat Anda menggunakan alat kontrasepsi hormonal seperti pil dan spiral. Saat ini sudah ada kontrasepsi yang menggunakan hormon alami. Jadi, lonjakan atau penurunan gairah seks Anda tidak terlalu fluktuatif.
* Penurunan tingkat kesuburan saat memasuki usia akhir 30 tahun. Jika Anda belum berusia 35 tahun dan tidak juga hamil dalam waktu satu tahun, segera temui spesialis endokrinologi. Namun jika usia Anda di atas 35 tahun, batasi waktunya hanya 6 bulan (karena semakin usia bertambah, semakin sulit kehamilan terjadi).

Solusi: Agar fungsi hormon Anda tidak terlalu naik-turun, konsumsi sayuran hijau seperti kembang kol dan brokoli. ''Dua jenis makanan ini bisa menyeimbangkan hormon estrogen dan progesteron, '' ujar Eva Cwynar, ahli endokrinologi dari Beverly Hills.

Usia 40an
Yang terjadi: Jadwal menstruasi Anda masih tetap sama, namun produksi hormon estrogen dan progesteron dari ovarium Anda semakin berkurang. Anda juga memasuki masa pra menopause. Pengurangan hormon itu berlangsung selama 5 tahun. Biasanya akan muncul bercak merah pada kulit, gairah seks menurun, dan lendir pada vagina mulai mengering. Gejala ini datang dan pergi. Tingkat kesuburan Anda pun terus menurun.

Tanda-tandanya:

* Berat badan bertambah. Hormon tiroid adalah penggerak metabolisme tubuh Anda. Semakin bertambah usia maka produksi hormon ini jadi berubah. Berkurangnya hormon ini akan mengurangi kerja tubuh untuk mengolah sari makanan sehingga tubuh jadi kelebihan berat.
* Gangguan tidur. Sebelumnya Anda bisa tidur selama 7 jam sehari. Namun setelah produksi hormon berkurang Anda akan sering terbangun pada malam hari, bahkan kesulitan untuk tidur.

Solusi: Cara untuk mengatasi gangguan tidur adalah dengan menggunakan suntikan hormon untuk menyeimbangkan kondisi hormon dalam tubuh.

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini

Other Article



visit the following website islamic.net Make Smart Berita Bola