Perempuan mengemban tugas dan peran yang sangat besar dalam mengurus keluarga. Tanggung jawab terhadap keluarga begitu besar sehingga sering kali perempuan merasa bersalah jika mendahulukan kepentingannya. Meskipun sudah berusaha keras, apresiasi terhadap perempuan masih minim.

Untuk menyeimbangkan kehidupan Anda sebagai pribadi ataupun sebagai istri dan ibu, sebenarnya ada hal-hal yang bisa Anda lakukan. Berikut tips dari psikolog Dr Rose Mini, AP, MPSi, dalam acara talkshow "Masakan Ibu-Cinta, Kreasi, dan Apresiasi" yang diselenggarakan oleh Royco di Plaza Bapindo, Kamis (11/3/2010).

1. Utamakan komunikasi. Tanyakan kepada suami dan anak-anak, menu apa yang ingin mereka makan.

2. Delegasikan pekerjaan. Buat skala prioritas. Terkadang perempuan sulit untuk membagi tugas akibat rasa tidak percaya. Contohnya saja soal belanja. Biarkan pembantu yang berbelanja sehingga Anda bisa fokus pada hal-hal yang utama.

3. Beri perhatian. Mengawasi anak-anak tidak harus dengan bertatap muka. Kualitas adalah yang utama. Contohnya, menggunakan telepon untuk memantau anak-anak.

4. Berpikir positif. Jangan melihat hal-hal dari segi negatif sebab hal ini akan berpengaruh terhadap suasana hati dan orang di sekitar kita.

5. Hargai diri sendiri. Berikan waktu untuk diri sendiri. Hal ini bisa dilakukan tanpa harus merasa bersalah. Contohnya, istirahat sejenak selama 30 menit untuk membaca novel atau majalah.

6. Jangan berlebihan. Contohnya, Anda memasak dalam porsi besar yang menghabiskan banyak waktu. Solusinya, sesekali menghabiskan waktu untuk menjajal masakan resto pada akhir pekan.

7. Kreatif. Perempuan adalah makhluk multitasking. Sambil memasak, Anda bisa mencuci atau sekadar menelepon suami dan anak-anak.

8. Informatif. Bekali diri Anda dengan pengetahuan yang cukup. Misalnya dengan bertukar informasi lewat ajang perkumpulan jejaring.

Jika Anda sudah bisa membagi waktu untuk pekerjaan, keluarga, dan orang-orang sekitar, niscaya apresiasi akan datang dengan sendirinya.

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini

Other Article



visit the following website islamic.net Make Smart Berita Bola