Kaki kita mendapatkan tempaan paling berat saat kita beraktivitas dalam keseharian. Kaki-kaki kita akan mengantar kita ke tempat tujuan. Kedua tungkai ini akan menghadapi medan yang menanjak, menurun, berbatu, sambil menopang tubuh kita. Sayangnya, kedua kaki ini seringkali luput dari pemanjaan, mungkin karena letaknya yang di bawah, jarang terlihat oleh orang lain, padahal, organ tubuh ini paling butuh dimanjakan.

Berikut adalah tips-tips untuk merawat kedua kaki Anda agar bisa Anda pamerkan saat mengenakan tren sepatu tali temali di musim mendatang.

Kapalan dan kulit kasar
Rendam kaki Anda di dalam air hangat selama 10-15 menit untuk membantu melembutkan kulit. Lalu, gunakan batu apung khusus untuk menipiskan kulit yang menebal pada bagian tumit atau bagian telapak kaki lainnya. Untuk menghilangkan bakteri pada kaki, tambahkan daun teh hitam pada rendaman kaki. Teh hitam memiliki asam tanin yang bisa mengurangi pertumbuhan bakteri. Merawat kaki dengan mengangkat kulit mati yang menumpuk pada kaki dengan batu apung bisa membantu menjaga kecantikan kulit kaki Anda. Anda juga bisa mencari krim tumit yang mengandung salicylic acid untuk melembutkan kulit kapalan.

Jangan lupa, lakukan scrubbing pada bagian punggung (atas) kaki untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Jangan gunakan batu apung pada bagian ini, karena kulit ini sangat tipis. Anda bisa menggunakan obat kimia khusus scrubbing yang ada banyak di pasaran, atau membuatnya sendiri dengan gula. Setelah itu, oleskan pelembab yang mengandung shea butter atau cocoa butter.

Kulit kaki pecah-pecah
Jika tumit Anda jarang dirawat, lama kelamaan bisa menjadi sangat kering dan kasar, bahkan menimbulkan kulit pecah-pecah. Jika masih dalam tahap awal, Anda bisa mulai membiasakan diri mengoleskan krim atau pelembab khusus tumit yang pecah-pecah untuk melembutkan kembali kulit pada bagian tersebut. Carilah krim tumit pecah-pecah yang mengandung zat petrolatum atau humectant, seperti asam laktat untuk melembabkan kulit. Jika sudah sangat parah, temui dokter kulit untuk mendapatkan resep yang ampuh.

Perlindungan tabir surya untuk bagian atas kaki
Jangan lupa untuk melindungi kulit bagian atas kaki (punggung kaki) dengan tabir surya yang spektrumnya luas, setidaknya SPF 15 saat mengenakan sandal terbuka.

Insole
Jika profesi Anda mengharuskan Anda mengenakan sepatu sepanjang waktu, coba cari insole, yakni sol tambahan yang saat ini sudah banyak dijual di toko-toko hipermarket. Insole dimaksudkan untuk menambah kenyamanan saat mengenakan sepatu. Untuk sepatu khusus wanita, insole biasanya berupa gel bening berukuran sedang untuk ditempatkan di bagian tumit, atau di tulang di bagian bola telapak kaki, yang biasa digunakan untuk berjinjit.

Jangan lupakan kuku
Saat ini, kuku pun menjadi aksesori tambahan untuk bergaya. Sayangnya, tak banyak orang yang memerhatikan kecantikan kuku. Padahal, kuku adalah anggota tubuh yang cukup rentan dan bisa rusak, sehingga membuat aktivitas Anda menjadi tidak nyaman. Penyebab utama kuku patah atau cantengan adalah kesahalan pada saat pemotongan kuku. Untuk memotong kuku, pastikan Anda memiliki alat pemotong yang bentuk ujungnya melengkung agar bisa membentuk lengkungan pada bagian pinggir kuku. Kuku kita cenderung rapuh saat bertambahnya usia. Bahan-bahan pada pewarna kuku dan pembersihnya bisa mempercepat proses rapuhnya kuku, karena sifatnya mengeringkan. Pastikan pewarna kuku dan pembersihnya bebas dari formaldehyde, toluene, dibutyl phthalate, dan alkohol.

Untuk melembabkan kuku kaki, disarankan untuk menggunakan krim kutikula, petroleum jelly, atau minyak vitamin E. Oleskan pada seluruh kuku, termasuk kutikula, dan usap perlahan. Jangan membiasakan menarik atau menggunting kutikula yang keluar di pinggiran kuku, karena bisa menyebabkan infeksi.

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini

Other Article



visit the following website islamic.net Make Smart Berita Bola