Salah satu hasil bumi yang mudah didapat di Indonesia adalah buah tomat. Buah yang kaya akan vitamin C ini baik untuk kesehatan dan nikmat dijadikan paduan makanan lain ataupun dimakan langsung. Berikut informasi yang Anda perlukan seputar tomat:


Saat memilih tomat
- Pilih yang kulitnya mulus, tak ada memar ataupun keriput pada kulitnya. Namun, sedikit sobekan dekat batang masih bisa dimaafkan.
- Warnanya kaya dan pekat (warna yang lebih muda di sekitar batang masih tergolong baik.
- Rasanya penuh dan berat ketika ditimbang dengan tangan dan tidak terlalu keras ketika diberi tekanan.
- Ketika diendus, akan tercium sedikit wangi yang manis dan masam.

Penyimpanan

Buah tomat akan matang dari dalam ke luar. Ada sedikit warna kehijauan pada kulit pertanda bahwa buah tersebut belum matang benar. Tomat hijau yang dimasak menggunakan buah tomat yang belum matang. Varietas tomat hijau terlihat kekuningan ketika matang. Berikut adalah tips menyimpan tomat di rumah:

- Jika akan digunakan dalam waktu dekat, jangan simpan tomat di dalam lemari pendingin. Dingin akan membuat gula asli yang terkandung dalam tomat akan menjadi kaku dan membuat rasanya berkurang.
- Simpan di dalam lemari. Jauhkan dari sinar matahari langsung, dengan keadaan batang berada di atas. Jika Anda membeli yang muda, akan butuh setidaknya 3-5 hari hingga benar-benar matang. Setelah itu, buah bisa digunakan hingga 2-3 hari kemudian.
- Sisa tomat yang sudah digunakan dan sudah terbelah bisa disimpan di dalam lemari pendingin, tetapi mesti segera digunakan untuk memastikan rasanya tidak berkurang.
- Jika ada sisa tomat, upayakan Anda menyimpannya dalam bulatan utuh dan terbungkus kantong plastik, lalu taruh di dalam freezer. Jika beku, rendam dalam air panas sesaat sebelum digunakan.

Tambahan
- Jika ingin membuang bagian tengahnya, gunakan pisau yang sangat tajam.
- Untuk membuang biji-biji yang rasanya pahit, gunakan bagian cembung sendok. Bagian jelly kenyal adalah yang membuat tomat berbentuk dan memberi rasa pada tomat. Bagian tersebut juga mengandung vitamin C yang tinggi.
- Kulit tomat mengandung antioksidan yang tinggi. Upayakan untuk mencucinya bersih dan konsumsi pula bagian tersebut.

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini

Other Article



visit the following website islamic.net Make Smart Berita Bola