KEDIRI, Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, Rabu (6/1/2010), mengadakan kegiatan reboisasi di kawasan hutan Gunung Klothok, Kota Kediri, Jawa Timur. Kegiatan penanaman pohon itu dilakukan di atas 1.305 hektar kawasan hutan, termasuk kawasan hutan lindung seluas 58,9 hektar dan kawasan hutan yang menjadi wilayah Brigif 16 Kediri, yang terancam kelestariannya akibat eksploitasi oleh manusia.

"Khusus di Gunung Klothok ini kami menanam 1,3 juta pohon, di mana setiap hektarnya ditanami sedikitnya 1.000 pohon. Reboisasi di sini telah dimulai sejak 1981 dan terus diperbarui hingga sekarang," ucap Miftahudin.

Guna menyukseskan program reboisasi di Kota Kediri, Perhutani bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kediri dan juga Komando Daerah Militer V Brawijaya. Ketiga instansi berkomitmen mencanangkan pelestarian hutan dengan menanami daerah yang masih gundul.

Adapun untuk jenis tanaman yang ditaman, Perhutani tidak memberikan kriteria khusus. Apa pun jenis tanamannya bisa ditanam di lahan hutan, yang penting cocok dengan kondisi tanah dan cepat tumbuh. Tidak harus tanaman produktif asal bisa mengembalikan fungsi hutan minimal sebagai sumber mata air.

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini

Other Article



visit the following website islamic.net Make Smart Berita Bola